Portofolio Penerimaan Mahasiswa Baru Bidang Seni 2019

Salam Kreatif!

Bagi anda yang berminat serius mendalami pembelajaran bidang pengetahuan dan keterampilan seni ke jenjang pendidikan tinggi, sekilas portofolio seni yang dipersyaratkan sepertinya mudah. Namun akan berbeda situasinya bila ternyata jumlah pendaftar di perguruan tinggi penyelenggara program studi seni pilihan anda melampaui jumlah maksimal yang bisa diterima.

Sebagai contoh, Jurusan Pendidikan Seni Universitas Syiah Kuala, yang menerima calon Mahasiswa Seni dari jalur SNMPTN, SBMPTN serta jalur khusus Mandiri.

Tahun 2018 lalu, tercatat sekitar 70 pendaftar melalui jalur SNMPTN, 316 pendaftar melalui jalur SBMPTN, 28 pendaftar melalui jalur seleksi Mandiri serta 7 pendaftar lainnya melalui jalur Prestasi. Dari keseluruhan jumlah pendaftar tersebut, terseleksi hanya 54 Mahasiswa Baru pada periode penerimaan tahun 2018 lalu. Kelengkapan penyertaan berkas Portofolio Bidang Seni adalah salah satu penentu dari keterpilihan mereka yang terbaik hingga dapat melanjutkan pendidikannya di Kampus Seni terbaik di Aceh saat ini.

Berdasarkan pengalaman tersebut di atas, kepada peminat bidang pendidikan Seni Pertunjukan dianjurkan untuk dapat mempersiapkan sebaik-baiknya,rekaman video yang dalam bernyanyi, memainkan alat musik, termasuk video menirukan melodi (dengan suara) dan ritmik (dengan tepuk tangan) untuk peminat bidang Musik. Atau rekaman video menari, bagi peminat Seni Tari, serta bermonolog bagi peminat bidang Drama/Teater, Tentunya dengan kualitas teknikal yang berimbang sehingga dapat daya pikat keindahan artistiknya serta kualitas keterampilan seni yang didemonstrasikan. Begitu juga dengan dokumentasi karya sketsa, gambar, ilustrasi, lukisan, patung atau keramik, untuk kelengkapan berkas portofolio bidang pendidikan Seni Rupa.

Di dalam Portofolio juga perlu disertakan Deskripsi Diri yang berisikan pengetahuan dan pengalaman anda berkesenian; Tujuan mengikuti pendidikan tinggi dalam bidang musik di perguruan tinggi yang dituju; serta Data Data Prestasi Lainnya (jika ada), khususnya yang berkaitan dengan bidang seni.

Informasi lengkap terkait Protofolio bisa dilihat di sini

Akhir kata, besar harapan kami semoga Anda salah satu dari seluruh yang terbaik dan terpilih untuk melanjutkan pendidikan tinggi di kampus terbaik bidang seni, baik di Aceh, di kota kota lainnya di Indonesia.

Salam, dukungan serta do’a dari kami, keluarga besar akademia Kampus Kreatif Inong Balee, Kampus Seni-nya Unsyiah, Creative Hub-nya Darussalam, Banda Aceh. Selamat Berkompetisi!


Banda Aceh, 1 Januari 2019

Bagikan BERANDA ini

BERANDA Lainnya