Capaian Pembelajaran


PARAMETER CAPAIAN PEMBELAJARAN

SIKAP

  • Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan serta terbuka terhadap perubahan zaman;
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  • menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keilmuan dan keterampilan seni, baik dalam kualifikasi Pendidik maupun pengembangan kompetensinya dalam bidang keguruan, penelitian, penciptaan, penyajian serta pengelolaan produksi dan keorganisasian seni secara mandiri;
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

KETERAMPILAN UMUM

  • Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan jenis pekerjaan spesifik, di bidang pendidikan dan keguruan seni khususnya dan pengembangannya dalam standar kompetensi kerja bidang seni umunya (penelitian, penciptaan, penyajian, dan tata kelola seni);
  • Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  • Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan, teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan standar kompetensi keilmuan dan keterampilan seni umumnya yang sekaligus memberdayakan khasanah kerifan budaya bangsa dalam rangka menghasilkan portofolio pembelajaran khususnya, atau prototype, prosedur baku, desain atau karya seni umumnya.
  • Mampu menganalisis, menginterpretasi, serta mengevaluasi beragam fenomena pendidikan seni yang diwujudkan dalam bentuk karya ilmiah serta dinamika atas perkembangan ilmu dan keterampilan seni.
  • Mampu mengkomunikasikan ikhwal seni dalam wujud karya dan nilai pengetahuan yang melekat bersamanya
  • Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, dan persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaan utamanya selaku calon Pendidik/Guru bidang pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Seni yang diselenggarakan di segala jenjang Pendidikan Dasar hingga Menengah, baik formal maupun non-formal, nasional bahkan internasional;
  • Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerjasama di dalam maupun di luar komunitas atau afiliasi strutural institusional kelembagaannya;
  • Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  • Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

KETERAMPILAN KHUSUS

  • Memahami dan mampu menerapkan prinsip-prinsip pedagogis dan psikologis dalam pendidikan seni dan budaya pada berbagai jenjang dan jalur secara profesional;
  • menguasai dan memiliki wawasan tentang materi kesenian sebagai paedagogical content di sekolah;
  • Memahami dan mampu mengembangkan potensi kreatif dalam diri siswa;
  • menguasai, terampil, dan kreatif mendayagunakan berbagai teknik dan bahan dalam bidang seni yang diajarkan;
  • memiliki pengetahuan dan apresiasi dalam berbagai bidang seni dan budaya;
  • memahami proses kreatif;
  • memahami dan memanfaatkan beragam teknik dokumentasi dan presentasi;
  • mampu mengembangkan kepribadian dan keprofesionalan sebagai guru seni (termasuk TI, komunikasi, riset, konteks pendidikan, dan lembaga pendidikan);
  • memiliki sikap adaptif terhadap perubahan, lingkungan dan kemajuan.

PENGETAHUAN

  • Mengkaji hakikat profesi guru seni.
  • Mengkaji prinsip-prinsip seni dan metode pembelajarannya.
  • Terlatih menerapkan prinsip-prinsip pedagogis dan psikologis dalam pembelajaran seni.
  • Mengkaji hakikat kebudayaan.
  • Terlatih menerapkan prinsip pengembangan kepribadian melalui pembelajaran seni.
  • Terlatih memanfaatkan informasi dari internet (dan semacamnya) untuk meningkatkan pengetahuan.
  • Mengkaji fungsi seni dalam pendidikan, baik dalam konteks belajar tentang seni, belajar melalui seni, maupun belajar dengan seni.
  • Mengkaji antara kaitan potensi kreatif dan pengembangan kepribadian peserta didik.
  • Mengkaji tahapan-tahapan dalam proses kreatif.
  • Terlatih menganalisis, menafsirkan, dan menilai bentuk, jenis dan gaya dalam seni beserta perubahannya.
  • Mengkaji perbedaan dan persamaan di antara keberagaman bentuk, jenis dan gaya dalam seni
  • Mengkaji pentingnya berbagai teknik dokumentasi dan presentasi seni.
  • Terlatih memanfaatkan teknik dokumentasi dan presentasi sederhana.

Bagikan AKADEMIK ini

AKADEMIK Lainnya