Kurasi Pameran Tunggal karya Ismawan, S.Sn., M.Sn. oleh Putra Hidayatullah, M.A.

REFLEKSI 50

“Sometimes you don't have to say anything. Silence speaks it all.” Disha Patani


Seperti sekedip mata kita tiba awal abad ketika segala menjadi lebih cepat. Dalam percepatan gerak ini, karya-karya Ismawan menghadirkan objek-objek yang hening dan kerap luput dari tangkapan indra dan perenungan batin.

Belum pernah sebelumnya peristiwa dan ‘tsunami berita’ beruntun datang ke pikiran kita tanpa menunggu esok. Dalam dunia yang serba cepat ini pula, hasrat dan keinginan berpacu tanpa jeda. Pikiran kita lari dari satu komoditi ke komoditi lain. Dari satu titik capaian menuju titik yang lain.

Percepatan pula membawa kita ke yang serba instan dan praktis. Di satu sisi, banyak yang telah mudah seperti apa yang diberikan teknologi. Tetapi di lain hal, kemudahan bisa ikut mengikis ruang perenungan-perenungan ke dalam diri dan terhadap hal-hal sederhana di sekitar.

Pameran bertajuk Refleksi 50 ini adalah deskripsi visual kehidupan manusia dan lingkungannya. Karya-karya ini terinspirasi dari realitas sekitar dan dekat dengan kehidupan sehari-hari. Ia merupakan refleksi aktifitas kehidupan sehari-hari yang sederhana tetapi menggambarkan semangat hidup.

Karya-karya seperti Nafas Kehidupan memancing ingatan pada ujaran seorang karib bahwa kenyataan tidaklah terletak di spanduk atau iklan-iklan. Tidak pula pada isu demi isu tempat para politisi bergulat adu. Kenyataan ada di pasar ikan, pada diri pedagang asongan, pada nenek-nenek yang berjualan sayur di pinggiran jalan. Pada hal sederhana semacam itulah realitas menghadirkan diri.

Dalam percepatan, objek-objek seperti gelas kopi, ayam, buah-buahan barangkali telah menjadi hal sepintas lalu yang tak punya tempat untuk benar-benar hadir di benak kita. Karya-karya Ismawan adalah keindahan yang memancing adanya ruang pada pikiran kita untuk menangkap makna yang direkam hal-hal ‘kecil’ dan sederhana di sekitar kita. []


Putra Hidayatullah
Yogyakarta, 13 Agustus 2018


Bagikan BERANDA ini

BERANDA Lainnya