Pameran Tunggal

Prolog Ketua Jurusan Pendidikan Seni & Kepala Pusat Kajian dan Pengembangan Seni - Universitas Syiah Kuala.

Bapak Ismawan, S.Sn., M.Sn., adalah figur Perupa sekaligus Pendidik yang sangat berpengalaman. Pengabdiannya di Jurusan Pendidikan Seni Universitas Syiah Kuala sejak awal tahun 90-an tidak saja mengawal pembelajaran (satu-satunya) penyelenggara pendidikan tinggi bidang kompetensi keguruan seni se-Aceh ini, namun juga salah seorang figur senior yang andil mengembangkan daya apresiasi masyarakat luas atas pemutakhiran kompetensi seni lainnya: baik dalam geliat kegiatan-kegiatan penelitian, penyajian, penciptaan serta tata kelola produksi dan keorganisasian seni di Aceh.

Momentum penyelenggaraan Pameran Tunggal “Refleksi 50 Tahun 50 Karya” ini hadir bersamaan dengan kegembiraan penyelenggaraan Asian Games 2018, Pekan Kebudayaan Aceh ke-7 serta Milad Universitas Syiah Kuala ke-57. Momentum ini menjadi cermin kami, akademia di Jurusan Pendidikan Seni serta Pusat Kajian dan Pengembangan Seni (Pusat Seni) Universitas Syiah Kuala, untuk selalu optimis menjadi setitik “Energy of Asia” dalam peradaban “Aceh Hebat dengan Adat Budaya Bersyariat” yang selalu “Ikhlas, Jujur dan Bersama” meperbahurui diri melalui refleksi dari segala kegagalan hingga keberhasilan dari masa-masa sebelumnya.

Pameran Tunggal Karya Ismawan, S.Sn., M.Sn. ini adalah inisiasi lanjutan dari rintisan “Gala Karya Akademia” perdana tahun 2017 yang diikhtiarkan untuk rutin mendampingi penyelenggaraan Milad Universitas Syiah Kuala dalam tahun-tahun ke depan. Penyelenggaraan Pameran yang mengambil lokasi di Gedung Jurusan Pendidikan Seni, jalan Kuta Inong Bale, Kopelma Darussalam ini, juga dimaksudkan untuk mendekatkan sifat-sifat seni seutuhnya, yakni: artisitik, edukatif dan bernilai ekonomi tinggi, melalui pencanangan Kampus Kreatif Inong Bale sebagai Darussalam Creative Hub - ruang terbuka milenia berkreasi di Aceh, Indonesia.

Selamat berapresiasi,

Ari Palawi, S.Sn., M.A., Ph.

Bagikan BERANDA ini

BERANDA Lainnya