Tata Kelola Jurusan

Konsep dan prinsip penyusunan struktur organisasi, koordinasi dan mekanisme kerja yang mendukung terwujudnya visi dan terlaksananya misi program studi yaitu:

i) Organisasi sebagai penopang kegiatan akademis;

ii) Organisasi sebagai penopang kegiatan administratif; serta

iii) organisasi sebagai penopang kegiatan-kegiatan pengembangan bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, termasuk di dalamnya pengembangan di bidang ekonomi kreatif seni.


Struktur Organisasi dan Tata Kelola Jurusan Pendidikan Seni, Program tudi Pendidikan Seni Pertunjukan adalah turuan dari kebijakan structural Fakultas Keguaruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala dengan spesifikasi pada kekhususan pengelolaan berdasarkan rumpun ilmu sasaran serta tujuan dari Jurusan dan Program Studi. Dalam hal ini, Jurusan atau Program Studi tetap memiliki otorisasi yaitu kewenangan mengatur dan mengelola diri namun tetap menginduk pada ketentuan organisasi kelembagaan fakultas maupun universitas. Prinsip tersebut menjadi dasar dalam pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan akademis artinya segala kebijakan dan program-program akademik misalnya pengembangan kurikulum, pengembangan program studi, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, pengawasan dan evaluasi pelaksanaan akademik dan penjaminan mutu internal akademik yang dipimpin oleh ketua jurusan dan program Studi. Hal ini mencerminkan spesifik dan keunikan setiap jurusan dan program studi yang tercermin pada Rencana Kerja dan Anggaran Jurusan atau Program Studi sesuai dengan kebutuhan kegiatan akademiknya. Untuk proses pengembangan kurikulum, pengembangan materi kuliah dan penelitian dan pengabdian pada masyarakat, Jurusan Pendidikan Seni, Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan dan program studi bekerjasama dengan konfigurasi masing-masing koordinator konsentrasi laboratorium penelitian, pendidikan, teknologi dan industri bidang seni (seni tari, musik, drama dan pemeranan/teater dan seni visual), sementara proses pengawasan dan evaluasi pelaksanaan akademik dan penjaminan mutu internal akademik dilakukan bersama Satuan Penjaminan Mutu Fakultas dan Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu Universitas Syiah Kuala.

Adapun konsep perencanaan dan pelaksanaan kegiatan administratif diselenggarakan berdasarkan prinsip “sentralisasi administrasi”, yang berarti pemusatan semua kewenangan pelayanan administratif dan dilakukan secara sentralisasi mencakup administrasi akademik dan kemahasiswaan. Tugas dan tanggung jawab kegiatan administratif dilakukan langsung oleh Biro Akademik, Administrasi Umum dan Keuangan. Kemahasiswaan serta Biro Perencanaan, Kerjasama, Hubungan Masyarakat yang melayani semua Prodi melalui turunan kelembagaannya di tingkat fakultas.


Bagan Struktur Keorganisasian Jurusan Pendidikan Seni:


Ketua Jurusan

Sekretaris Jurusan

Kepala Laboratorium

Koord. Bidang Penelitian dan Produksi Seni (Musik, Seni Tari, Drama dan Seni Rrpa)

Tim Penjaminan Mutu Akademik

Pembina Mahasiswa

Jurnal Mahasiswa & Jurnal Seni Budaya


Bagikan halaman ini